Selasa, 29 Mei 2012

METODE PENGUMPULAN DATA



Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data merupakan salah satu tahapan sangat penting dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang benar akan menghasilkan data yang memiliki kredibilitas tinggi, dan sebaliknya. Oleh karena itu, tahap ini tidak boleh salah dan harus dilakukan dengan cermat sesuai prosedur dan ciri-ciri penelitian kualitatif (sebagaimana telah dibahas pada materi sebelumnya). Sebab, kesalahan atau ketidaksempurnaan dalam metode pengumpulan data akan berakibat fatal, yakni berupa data yang tidak credible, sehingga hasil penelitiannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian demikian sangat berbahaya, lebih-lebih jika dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil kebijakan publik.
Di dalam metode penelitian kualitatif, lazimnya data dikumpulkan dengan beberapa teknik pengumpulan data kualitatif, yaitu; 1). wawancara, 2). observasi, 3). dokumentasi, dan 4). diskusi terfokus (Focus Group Discussion). Sebelum masing-masing teknik tersebut diuraikan secara rinci, perlu ditegaskan di sini bahwa hal sangat penting  yang harus dipahami oleh setiap peneliti adalah alasan mengapa masing-masing teknik tersebut dipakai, untuk memperoleh informasi apa, dan pada bagian fokus masalah mana yang memerlukan teknik wawancara, mana yang memerlukan teknik observasi, mana yang harus kedua-duanya dilakukan, dst. Pilihan teknik sangat tergantung pada jenis informasi yang diperoleh.
Pengertian Dan Jenis Data
Definisi Data
Data adalah hasil pengukuran yang bisa memberikan gambaran suatu keadaan atau memberikan suatu informasi.
Pembagian Jenis Data :
1. Bentuk
   1.) Kualitatif; Adalah data yang berbentuk bukan angka
   2.) Kuantitatif; Adalah data yang berbentuk angka

2. Skala Pengukuran
   1.) Nominal; Data Nominal Adalah data dimana angka hanya merupakan lambang
       Contoh : pada variabel Jenis Kelamin : 1 untuk Laki-laki, 2 untuk Perempuan
   2.) Ordinal; Adalah data dimana angka selain sebagai lambang, juga menunjukkan urutan
        Contoh : pada variabel Tingkat Pendidikan : 1 SD 2 SMP 3 SMU 4 PT   3.) Interval; Adalah data dimana angka adalah angka yang sebenarnya, tetapi tidak mutlak
        Contoh : pada variabel Nilai
   4.) Rasio; Adalah data dimana angka adalah angka yang sebenarnya dan mutlak
        Contoh : pada variabel jumlah : data yang dihasilkan adalah rasio
3. Jenis
  1.) Internal; Data internal adalah data yang diambil dari dalam tempat di lakukannya penelitian.
      Contoh : Data penjualan perusahaan sendiri
  2.) Eksternal; Data eksternal adalah data yang diambil dari luar tempat di lakukannya penelitian.
       Contoh : Data penjualan perusahaan lain untuk jenis produk yang sama dengan produk perusahaan kita
4. Sumber
  1.) Primer; Data primer adalah data yang di peroleh langsung dari sumbernya
      Contoh : Data hasil kuesioner
  2.) Sekunder; Data sekunder adalah data yang di peroleh dari hasil pengumpulan orang lain
       Contoh : Data yang diambil dari BPS
5. Waktu Pengumpulan
  1.) Data Cross-section (Acak); Data acak adalah data yang di ambil pada satu waktu tertentu
      Contoh : Jumlah produksi
  2.) Data Berkala; Data berkala adalah data yang di ambil pada interval waktu tertentu
      Contoh : Jumlah produksi perhari selama bulan Januari 2008

Pengertian Dan Macam – Macam variable
   A.    Variabel
Kerlinger (1973) menyatakan bahwa variabel adalah konstruk (constructs) atau sifat yang akan dipelajari. Contoh misalnya, tingkat aspirasi, penghasilan, pendidikan, status sosial, jenis kelamin, golongan gaji, produktivitas kerja, dan lain-lain. Di bagian lain kerlinger menyatakan bahwa variable dapat dikatakan suatu sifat yang diambil dari suatu nilai yang berbeda (different values). Dengan demikian variable itu merupakan suatu yang bervariasi. Selanjutnya Kidder (1981), menyatakan bahwa variable adalah suatu kualitas (qualities) dimana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.
Dari npengertian-pengertian di atas, maka dapat dirumuskan di sini bahwa variable penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
   
  a.       Variabel Independent
Variable ini sering disebut variable stimulus, predictor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut variable bebas. Variabel bebas adalah merupakan variable yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variable dependen (terikat).
  
  b.      Variabel Dependen
Sering disebut sebagai variable output, criteria, konsekuen. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variable tertikan. Variable terikat merupakan varriabel ynag dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variable bebas.
  
  c.       Variabel Moderator
Adalah variable yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variable independen dengan dependen. Variable tersebut juga sebagai variable independen ke dua.
  
  d.      Variable Intervening
Dalam hal ini Tuckman (1988) menyatakan “An Intervening variable is that factor that theoretically affect the observed phenomenon but cannot be seen, measure, or manipulate”. Variabel intervening adalah variable yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variable independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur. Variable ini merupakan variable penyela/antara yang terletak diantara variable independen, sehingga variable independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variable dependen.

  e.       Variabel Kontrol
Adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti. Variable control sering digunakan oleh peneliti, bila akan melakukan penelitian yang besifat membandingkan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar