Jumat, 23 Maret 2012

KARYA ILMIAH

KARYA ILMIAH
A.   Definisi karya Ilmiah
      Ialah subah karangan tulisan yang melakukan penelitian untuk dapat menguraikan dan membahas suatu permasalahan secara  ilmiah dan dapat menuangkannya secara ilmiah dan menuangkannya secara teoritis, jelas dan sistematis.

B.   Sikap Ilmiah
Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua. Dan Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.
1.  Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya.
2.  Sikap kritis ini terlihat pada kebiasaan mencari informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan bidang kajiannya untuk dibanding-banding kelebihan-kekurangannya, kecocokan-tidaknya, kebenaran-tidaknya, dan sebagainya.
3.  Sikap terbuka ini terlihat pada kebiasaan mau mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada akhirnya hal tersebut tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.
4.  Sikap objektif ini terlihat pada kebiasaan menyatakan apa adanya, tanpa diikuti perasaan pribadi.
5.  Sikap menghargai karya orang lain ini terlihat pada kebiasaan menyebutkan sumber secara jelas sekiranya pernyataan atau pendapat yang disampaikan memang berasal dari pernyataan atau pendapat orang lain.
6.  Sikap berani mempertahankan kebenaran, terlihat  pada ketegaran membela fakta dan hasil temuan lapangan atau pengembangan walapun bertentangan atau tidak sesuai dengan teori atau dalil yang ada.
7.  Sikap menjangkau ke depan, dapat dibuktikan dengan selalu ingin membuktikan hipotesis yang disusunnya demi pengembangan bidang ilmunya.

C.   Ciri – Ciri Penelitian Ilmiah
Syarat Karya Ilmiah
1. Penulisannya berdasarkan hasil penelitian
2. Pembahasan masalahnya objektif sesuai dengan fakta
3. Karangan mengandung masalah yang  sedang dicarikan pemecahannya
4. Baik dalam penyajian maupun dalam  pemecahan masalah digunakan metode  tertentu
5. Bahasanya harus lengkap, terperinci, teratur  dan cermat
6. Bahasa yang digunakan hendaklah benar,  jelas, ringkas, dan tepat sehingga tidak  terbuka kemungkinan bagi pembaca untuk salah tafsir
Struktur Sajian:
1. Bagian Awal.
2. Pendahuluan.
3. Tinjauan Pustaka / Landasan Teori.                     
4. Hasil Penelitian dan Analisa / Pembahasan dan Analisa.
5. Kesimpulan (kritik & Saran).                                   
6. Bagian akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar