Kamis, 22 September 2011

MEMBACA PELUANG PASAR

A. MEMBACA PELUANG PASAR
Membaca peluang pasar merupkan kegitan bagaimana individu atau suatu kelompok mempelajari dengan perhitungan dan ramalan serta memahami prospek kebutuhan pasar yang dihadapi sekarang dan dimasa yang akan datang. Dan merupakan proses awal untuk melakukan suatu kegiatan/aktivitas timbal–balik dari Rumah Tangga Perusahaan yang menghasilkan suatu produk yang akan di distribusikan ke Rumah Tangga Konsumen(keluarga), dengan mengkorbankan sejumlah biaya yang akan di terima oleh Rumah Tangga Perusahaan. Maka dari itu pengusaha harus jeli untuk melihat peluang maupun kesempatan yang ada pada saat kondisi dan situasi apapun jug. Pertama, yang harus menjawab pertannyan berikut, yaitu 5W+1H;
1.   Tindakan Apa yang harus dilakukan. (what)
2.   Mengapa tindakan tersebut harus dilakukan. (why)
3.   Dimana tindakan tersebut dilakukan. (where)
4.   Kapan tindakan tersbut di lakukan. (when)
5.   Siapa yang akan melukan tindakan tersebut. (who)
6.   Bagaimana cara melaksanakan tindakan tesebut. (how)

Karena setiap usaha berbeda sumber daya dan variable pendukungnya, maka resiko yang dialami berbeda pula. Jadi kita perlu adanya sistem manajemen yang solid dan profesional. Kedua, mempertimbangakan manajemen;
1.      Perncanaan: tujuan, strategi
2.      Pengorganisasian: personalia, staffing
3.      Pengarahan: tugas, wewenag,
4.      Pengkoordinasi: sentralisasi, desentralisasi
5.      Pengawasan: cara agar rencana terlaksana
6.      Pelaporan: hasil kegiatan

B. PELUANG USAHA
            Menurut saya peluang usaha yang bagus di indinesia itu banyak, karena dilihat dari berbagai factor dan aspek pendukung. Pertama,faktor-faktor internal  yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi
1. Faktor Sumber Daya Manusia, Sejauh mana sumber daya manusia selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan.
2. Faktor Sumber Daya Alam, Sumber daya alam yang dimaksud dinataranya kesuburan tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan dan kekayaan laut.
3. Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya percepatan prosespembangunan.
4. Faktor Budaya, Faktor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi dapat juga menjadi penghambat pembangunan.
5. Sumber Daya Modal, Sumber daya modal berupa barang-barangmodal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

Kedua,Faktor-faktor eksternal mempengaruhi pertumbuhan ekonomi
1. Variabel Sosial, - Faktor demografik/demografis, - Faktor gaya hidup,- Faktor nilai social.
2. Variabel Ekonomi, - Factor pendatan dan konsumsi, - Factor simpanan/tabungan, - Faktor produksi barang dan jasa.
3. Variabel Politik, - Faktor pemerintah, - Faktor kebijakan, - Faktor peraturan/ perundang-undangan.
4. Variabel Teknologi, - Faktor efisiensi, - Faktor efktifitas, - Faktor oprasional
5. Variable internasional, - Faktor informasi, - Faktor persaingan, - Faktor investasi.

C. AGRIBISNIS (AGROBISNIS)
Dari melihat peluangnya Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya alamnya, Maka dari itu saya sangat berminta dengan usaha AGRIBISNIS, yaitu usaha yang merupakan kegiatan bisnis yang mengalokasikan sumber daya alam dengan mebudidayakan objek tumbuhan(flora), hewan(fauna), dan organisme lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Semua itu dapat di jadikan usaha yang mata rantai yang cukup panyang dari hulu hingga hilir, yaitu seperti prapengolahan lokasi sumber daya, proses pengolahan sumber daya untuk di budidayakan, dan pasca pengolahan yang hasilnya bermacam–macam. setelah itu, pemasaran yang mudah melalui media masa, media informasi dan teknologi, serta pemasaran yang paling murah saat ini ialah melalui budaya/social masyarakat yang luas untuk menyebrkan dari satu orang ke orang yang lain. Selain dapat di konsumsi sendiri/langsung agribisnis ini pun memiliki peluang pasarnya yang cakupannya sangat luas yaitu pasar daerah, pasar nasional dan pasar global. Dan dapat memabantu laju pertumbuhan dan pembagunan daerah ataupun nasional. Agribisnis memiliki macam–macam budidaya, yaitu seperti; 1. Pertanian.
             2. Perkebunan.
             3. Perikanan.
             4. Perternakan.
             5. Perhutanan.
             6. Pelautan.

            Resiko yang akan dihadapi jika menjalani agribisnis, yaitu seperti;
1.      karena ini bersumber dari alam yang terbatas maka haruslah di adakan pengelolaan yang berkelanjutan agar tidak mati ataupu punah.
<;!--[if !supportLists]-->2.      Karena berkaitan dengan makhluk hidup maka, harus di perhatikan perkembangannya. Seperti sakit, atau di serang hama atau terkena virus.
3.      Membutuhkan sumber tenaga manusia yang cukup banyak.
4.      Memerlukan jangka waktu/ berpriode.
5.      Merupakan kerja lapangan.
6.      Membutuhkan sumber daya lainnya untuk pertumbuhannya. Seperti air, udara, tanah, matahari, ataupun organisme lainnya.

Keuntungan yang akan di terima jika menjalani agribisnis, yaitu seperti;
1.      Peluang pasar yang sangat luas dari konsumsi sendiri, daerah, nasional, dan internasional.
2.      Bisnis ini merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu manusia maupun sekelompok organisme.
3.    &;nbsp; Mengurangi jumlah pengganguran.
4.      Merupakan industri yang sagat menguntungkan dari hulu hingga ke hilir.
5.      Mudah mengajukan pinjaman atau kredit kepada pihak lain.
6.      Pola usaha yang kompetitif.


lihat juga :
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar