A. PENDAHULUAN
Pasar terdiri dari banyak pembeli, dan pembeli berbeda dalam banyak hal baik dalam motif, perilaku, maupun kebiasaan pembelian. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pasar suatu produk heterogen. Hal inilah yang mendorong perusahaan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi merupakan pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan tingkah laku yang sama.
Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.
B. PERMASALAHAN
Yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk ‘Sepatu’ ;
1. Kualitas :
a) Terbuat dari bahan yang bekualitas (bahan baku yang lembut dan nyaman di pakai),
b) Tahan lama (awet dan tidak cepat rusak),
c) Dari merek yang sudah terkenal (brand).
2. Model, Warna dan Ukuran :
a) Model yang unik (bagus dan beda dari yang ada (limited edition)),
b) Warna banyaknya pilihan warna yang ada (putih, hitam, merah, pink, biru, dll),
c) Berbagai ukuran yang disediakan (bayi, batita, anak-anak, remaja dan dewasa)
3. Harga :
Pengklasifikasian harga disesuaikan dengan tujuan atau target konsumen yang akan menjadi sasaran produk pasar (kategori murah untuk kelas menenga ke kebawah, dan kategori mahal untuk menegah ke atas).
C. TUJUAN
Untuk menetukan segmentasi pasar.
D. PEMBAHASAN
- Langkah-langkah dalam segmentasi pasar:
v Variabel segmentasi utama pasar industri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar